Link Refferal

Link Refferal

Pengertian Link Refferal

Apa itu Link Refferal?. Link refferal adalah link yang perlu Anda berikan kepada calon pembeli atau orang yang Anda beri promosi, agar mereka menggunakan (mengeklik) link tersebut untuk menuju ke situs Business Partner. Tujuan nya hanyalah satu, yaitu agar apabila calon pembeli tersebut melakukan pembelian, kami bisa melacak bahwa dia adalah refferal Anda. Sehingga, pembagian hasil bisa diberikan kepada Anda atas transaksi pembelian yang terjadi.

Bentuk Link Refferal

Link refferal di setiap Situs Business Partner (ataupun di situs Taxsia) bentuk nya berbeda- beda. Format link refferal tetap sama, yaitu terdiri dari kode situs dan ID Affiliator [Bantuan]. Silahkan lihat beberapa contoh link refferal berikut ini:

  • Link Refferal di Taxsia: https://taxsia.com/?affiliates=224
  • Link Refferal di Situs Business Partner iTrader Zone: https://itraderzone.com/?itz=224
  • Link Refferal di Situs Business Partner Yorsha: https://yorsha.com/?ys=224

Jenis Link Refferal

  • Link refferal utama: Adalah link refferal yang langsung menuju ke situs utama dari Taxsia atau Business Partner. Link ini bisa di dapatkan di masing- masing halaman Affiliate Area di dalam situs Taxsia atau Business Partner. Bentuk link refferal ini adalah sebagai berikut: https://taxsia.com/?affiliates=224, https://itraderzone.com/?itz=224 atau https://yorsha.com/?ys=224.
  • Link refferal produk: Adalah link refferal yang langsung menuju ke salah satu produk Taxsia atau ke salah satu produk yang ditawarkan di dalam websites Business Partner. Link ini harus di modifikasi secara manual untuk bisa menggunakan nya. Cara memodifikasi nya adalah sbb:
    • Misalkan, Anda hendak menawarkan salah satu produk dari situs Business Partner. Produk tersebut bernama: ( Ori ) Kacamata Sunglass Veithdia Men Driving Polarized Full Black. URL produk itu adalah: https://itraderzone.com/product/ori-kacamata-sunglass-veithdia-men-driving-polarized-full-black/
    • Sedangkan, Link Refferal di Situs Business Partner iTrader Zone milik Anda adalah: https://itraderzone.com/?itz=224. Dimana kode “?itz=224” adalah kode parameter nya. Sekali lagi, kode parameter untuk link referral Anda di situs iTrader Zone dalam contoh ini adalah: ?itz=244
    • Anda harus melakukan modifikasi sedikit pada link referral tersebut dengan format: URL produk+ kode parameter. Sehingga, hasil nya adalah: https://itraderzone.com/product/ori-kacamata-sunglass-veithdia-men-driving-polarized-full-black/?itz=244.

Kegunaan Jenis Link Refferal

  • Link refferal utama: Cocok digunakan untuk menawarkan produk secara global. Sehingga pengguna bisa memilih sesuka hati. Cocok digunakan apabila calon pelanggan belum memiliki target barang/ produk/ layanan yang hendak dibeli, sehingga mereka bisa memilih- milih.
    • Contoh 1: “Hai, kalau kamu mau belanja produk fashion pria, bisa langsung mengunjungi situs ku disini loh: https://itraderzone.com/?itz=224. Disana terdapat banyak produk fashion yang cocok buat kamu”.
  • Link referral produk: Cocok digunakan untuk menawarkan produk secara spesifik. Sehingga pengguna bisa langsung mendapatkan barang yang ingin dibeli nya, tanpa perlu bingung memilih produk yang banyak. memilih sesuka hati. Cocok digunakan apabila calon pelanggan sudah memiliki target barang/ produk/ layanan yang hendak dibeli, ataupun apabila Anda sudah tahu barang/ produk/ layanan yang hendak dibeli oleh Pelanggan.
    • Contoh 1: “Eh, kamu kemarin kamu cari kacamata merek Veithdia, ya?. Ini loh, aku punya barang nya. Cek disini ya: https://itraderzone.com/product/ori-kacamata-sunglass-veithdia-men-driving-polarized-full-black/?itz=244”.

Cara Mendapatkan Link Refferal

Semua Link Refferal bisa Anda dapatkan di menu Affiliate Area. Menu Affiliate Area di setiap Situs Business Partner lokasi nya berbeda- beda. Info ini bisa Anda dapatkan di detail Situs Business Partner. Bila Anda memiliki kendala dalam menemukan menu ini di situs Business Partner, silahkan tanyakan kepada Admin/ CS di Situs Business Partner tersebut.

Cara Penggunaan | Bagaimana cara menggunakan Link Refferal?.

  • Minta calon pembeli mengeklik link refferal ketika mereka hendak melakukan pendaftaran ataupun pembelian di situs Business Partner kami. Anda bisa memberikan link tersebut melalui WhatsApp, komentar di sosial media, ataupun media chatting lain nya.
  • Masukan link refferal ini di sebuah kata atau kalimat di dalam artikel marketing yang Anda tulis. Ketika mereka mengeklik link tersebut, dan melakukan pendaftaran, mereka akan menjadi refferal Anda.

Cara Kerja Link Refferal

  • Calon Pembeli Mengeklik Link: Calon pembeli harus mengeklik link refferal Anda, agar tracking (pelacakan) bisa kami lakukan. Hal ini bisa terjadi dengan beberapa macam cara, diantaranya menyematkan link di dalam artikel marketing, memberikan link via chat (WhatsApp, Telegram, Facebook Messanger, dll), membagikan status yang berisikan link di social media, dll.
  • Pembeli Melakukan Pendaftaran: Link refferal yang di klik oleh calon pembeli tersebut, akan mengarahkan pembeli ke situs Business Partner kami. Untuk melakukan pembelian produk atau jasa, calon pembeli diwajibkan untuk mendaftar di situs Business Partner kami tersebut. Ketika mereka melakukan pendaftaran, mereka akan terlacak oleh sistem kami sehingga kami bisa mengetahui bahwa calon pembeli tersebut berasal dari Anda. Sehingga, kami akan menempatkan pembeli tersebut sebagai refferal Anda.
  • Calon Pembeli melakukan Pembelian: Apabila calon pembeli tersebut memutuskan untuk melakukan pembelian, dan kami sudah mengetahui bahwa dia adalah refferal Anda, maka ketika pembelian mereka lakukan, sistem kami akan memberikan komisi kepada Anda.

Penjelasan Cara Kerja Link Referal di Taxsia | Bukti Link Refferal Bekerja dengan Baik

Bagaimana cara kerja link refferal di dalam program afiliasi Taxsia?. Simak video penjelasan nya disini.

Kami melakukan simulasi untuk memperlihatkan dan membuktikan bahwa sistem tracking link yang kami miliki bisa bekerja dengan baik. Mampu melacak refferal dengan baik.

Dikirim oleh Taxsia pada Jumat, 20 Desember 2019

 

Apakah Link Refferal Masih berfungsi bila Refferal menjelajah web terlebih dahulu?.

Terdapat salah satu pertanyaan besar yang mungkin ada dibenak Afiliator. Bila refferal tidak langsung melakukan pendaftaran, tetapi dia menjelajahi web Taxsia terlebih dahulu untuk melihat- lihat, apakah link tracking masih tetap bisa berfungsi?.

Menjawab pertanyaan tersebut, kami membuat video simulasi ini. Kesimpulan dalam video ini adalah, bahwa Link Refferal dari program afiliasi Taxsia masih tetap bisa melakukan pelacakan meskipun refferal menjelajahi websites terlebih dahulu.

Pembuktian Link Refferal Taxsia tetap bisa melakukan Pelacakan Meskipun Refferal menjelajahi Web

Terdapat salah satu pertanyaan besar yang mungkin ada dibenak Afiliator. Bila refferal tidak langsung melakukan pendaftaran, tetapi dia menjelajahi web Taxsia terlebih dahulu untuk melihat- lihat, apakah link tracking masih tetap bisa berfungsi?.

Menjawab pertanyaan tersebut, kami membuat video simulasi ini.

Kesimpulan dalam video ini adalah, bahwa Link Refferal dari program afiliasi Taxsia masih tetap bisa melakukan pelacakan meskipun refferal menjelajahi websites terlebih dahulu.

Dikirim oleh Taxsia pada Jumat, 20 Desember 2019

Pengetahuan atas Link Referral yang gagal terlacak

Developer atas sistem tracking referal yang kami gunakan, selalu memastikan akurasi dari tindakan tracking yang terjadi. Bila semua keadaan terpenuhi, pasti tracking dapat dilakukan dengan benar.

Perlu diketahui, bahwa kami selalu mengevaluasi dan meningkatkan performa sistem kami untuk memastikan bahwa tracking yang kami lakukan bisa berhasil dengan baik. Kami pun bahkan meningkatkan hal ini dengan meluncurkan fitur Kupon Referral.

Namun, adakalanya terjadi keadaan yang tidak terpenuhi (matching), yang menyebabkan tracking gagal dilakukan. Seorang afiliator yang sangat yakin dia telah mendapatkan referal (orang yang mendaftar melalui diri nya), bisa jadi orang tersebut tidak terdeteksi (terlacak) sebagai referral nya. Sehingga, penghasilan atas referal tersebut tidak ada.

Telah sesuai dengan TOS

Dalam halaman TOS atau Term of Service (Syarat dan Ketentuan Layanan) yang telah disetujui dan -harus nya sudah- dibaca oleh semua pengguna Taxsia, kami telah menjelaskan secara rinci atas bagaimana cara kami melakukan pelacakan. Disana tertera bahwa kami menggunakan Cookies, dan beberapa atribut yang lain untuk melakukan nya.

Sehingga, telah kami jelaskan, bahwa dengan persyaratan yang telah kami beritahukan sebelum nya (keadaan terpenuhi), tracking bisa kami lakukan. Bila persyaratan tersebut tidak terpenuhi (keadaan tidak terpenuhi), maka tracking tidak bisa kami lakukan.

Kegagalan tracking yang disebabkan karena kadaan tidak terpenuhi, bukanlah menjadi kesalahan sistem kerja kami. Karena sistem tracking kami akan bekerja dengan baik, apabila keadaan terpenuhi. Dan ini telah disetujui dan dimengerti oleh semua pengguna Taxsia.

Personal Error

Bila link tracking dimodifikasi tidak sesuai ketentuan yang telah kami jelaskan, dimana hal ini menyebabkan tracking tidak bisa dilakukan, maka ini merupakan kesalahan pengguna. Bukan kesalahan dari sistem kami. Sehingga, bila terjadi keadaan seperti ini, maka kami kembalikan permasalahan ini kepada setiap pengguna masing- masing.

Gunakan Kupon Referal sebagai Alternatif

Untuk memperbesar peluang agar tracking dapat dilakukan dengan benar, maka gunakanlah Kupon Referal. Kami telah membuat fitur sistem ini, untuk membantu Anda.

 

Penyebab Link Referral yang gagal terlacak

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tidak terlacak sebagai referral Anda. Sekali lagi, penyebab hal ini adalah dikarenakan “Keadaan tidak terpenuhi”, dan bukan karena kegagalan dari sistem tracking kami.

Pengunjung Menghapus Cookies Browser

Salah satu persyaratan agar kami bisa melakukan tracking (pelacakan) adalah terdapatnya Cookie yang kami tanamkan secara otomatis pada browser pengguna, ketika mereka mengeklik link afiliator tersebut. Apabila pengunjung menghapus cookies (baik itu dilakukan dengan cara menghapus Historis Browsing atau tindakan lain yang menyebabkan cookies kami terhapus), maka dapat pelacakan akan gagal dilakukan.

Cookies browser expired.

Cookies yang kami tanamkan dalam link referal berlaku 30 hari. Lebih dari durasi tersebut, cookies menjadi hilang. Bila terdapat seorang pengunjung yang pada tanggal 1 Mei mengeklik link referal Anda, kemudian dia baru mendaftar ke situs Taxsia ataupun situs Business Partner pada tanggal 31 Mei (lebih dari 30 hari), maka orang tersebut tidak dapat terlacak sebagai referal Anda.

Tertimpa dengan link tracking afiliator lain

Adakalanya seorang pengunjung mendapatkan lebih dari satu rujukan ketika mencoba mendaftar ke Taxsia atau business partner kami. Bilamana pengunjung tersebut sebelum nya mengeklik link tracking Anda, namun tidak melakukan pendaftaran langsung pada saat itu juga, kemudian dia mengeklik link tracking afiliator lain, maka link tracking afiliator lain itulah yang akan terdeteksi.

Afiliator salah menggunakan format link

Kami telah membuat panduan mengenai cara penggunaan link tracking di halaman ini >> (section) Jenis Link Refferal dan Kegunaan Jenis Link Refferal. Kami telah menuliskan format yang benar mengenai bagaimana cara menggunakan link tracking tersebut. Kesalahan format penggunaan link tracking bisa menyebabkan tracking gagal dilakukan.

Sebagai contoh, format parameter link tracking yang benar adalah seperti ini: https://itraderzone.com/product/ori-kacamata-sunglass-veithdia-men-driving-polarized-full-black/?itz=244

Bila Afiliator melakukan modifikasi link tracking dengan format parameter lain, contoh nya seperti ini:

  1. https://itraderzone.com/product/ori-kacamata-sunglass-veithdia-men-driving-polarized-full-black/itz=244
  2. https://itraderzone.com/product/ori-kacamata-sunglass-veithdia-men-driving-polarized-full-black/itz244
  3. https://itraderzone.com/product/ori-kacamata-sunglass-veithdia-men-driving-polarized-full-black/itz=244?
  4. dsb

Maka Tracking akan gagal dilakukan.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayu Permata Sari

Btw, min. Link referal Saya di iTrade, Taxsia itu angkanya beda, kalo di contoh atas kan sama (224), nah kalo di saya satunya 575, satunya 291, apa aman?

Elly Agustina

Jika link nya disingkat misalnya dengan bitly, bagaimana?